Jumat, 29 April 2016

Cara mengatasi sulitnya melaksanakan penelusuran tamatan


      Ini adalah ide atau pikiran yang ada dibenakku, yang harus kuungkapkan atau kukeluarkan. Masalah respon ataupun tanggapan, adalah hak pembaca.
Penelusuran tamatan, menjadi sangat penting karena salah satu indikator keberhasilan sekolah, adalah banyaknya tamatan yang terserap kedunia kerja. Nah... ini ada beberapa tips cara penelusuran tamatan yang mungkin bisa jadi bahan masukan.
1. Para petugas penelusuran tamatan harus lebih dahulu memiliki ilmu ikhlas. Ikhlas bekerja ikhlas beramal , ikhlas memeras keringat dan pikiran demi anak bangsa

2.Setelah memiliki ilmu ikhlas, baru siap untuk menjalankan tugas. Adapun tugas mulia ini sangat tepat diberikan pada wali kelas pada kelas 12, karena siswa kelas tersebut yang akan jadi obyek penelusuran tamatan nantinya setelah tamat.
Mengapa harus wali kelas???. Karena wali kelas adalah sosok yang paling dekat dan akrab dengan siswa binaannya. Kalau ada wali kelas yang tidak dekat dengan siswa binaannya, atau bahkan tak tahu apa apa tentang siswanya, maka perlu dipertanyakan.

3.Tugas wali kelas dalam menelusuri tamatan cukup dilakukan satu tahun saja, all mendata keberadaan siswanya , sudah bekerja atau belum, tempat kuliahnya bila ada yang kuliah. Dan itu tak akan berat karena paling jumlah yang ditelusuri maksimal 40 orang dibanding bila tugas penelusuran tersebut dikerjakan oleh seorang petugas.

4. Cara yang perlu dilakukan oleh wali kelas, adalah selalu aktif menjalin hubungan dengan siswa yang tamat, baik didunia nyata maupun dunia maya. Pegang atau pilih beberapa anak dikelasnya sebagai informan yang tugasnya memberi informasi tentang keberadaan teman2nya.

5 Enam bulan setelah siswa tamat, diharapkan wali kelas sudah punya data tentang keberadaan siswa binaannya.

6. Data hasil penelusuran dilaporkan ke BKK,atau bursa kerja khusus, untuk didata , dan tugas bkk mencarikan loker bagi alumni yang belum bekerja.

7 Mengaktifkan kembali bila bkk disekolah sudah mati suri, karena bkk inilah yang nanti bekerja sama dengan petugas penelusuran tamatan.

8.petugas penelusuran, dalam hal ini, tentunya perlu dibekali atau diisi pulsa hpnya
.
      Pekerjaan seberat apapun bila dikerjakan bersama sama dengan rasa ikhlas akan terasa ringan.

   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar